JIHAD, dan semangat pemuda

BISMILLAH..

Segala puji hanya kepada Allah azza wajalla, yang telah memberikan taufiq, karunia dan segalanya…

Maha Suci Allah Jalla Jalaluhu yang telah berfirman:

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’

(Q.S. AL-Maidah: 8)

Saudaraku Fillah,.. demikianlah sikap seorang muslim, terlebih yang mengaku sebagai ahlussunnah, sebagaimana dikatakan:

“Sesungguhnya Ahlussunnah adalah pertengahan di antara berbagai kelompok”

yakni, maksudnya adalah antara sikap berlebih-lebihan (ghuluw) ataupun sikap meremehkan (tafrith)..

dan ma’ruf kita ketahui, bahwa manusia mempunyai musuh yang nyata yaitu syaithan, yang senantiasa meniupkan fitnah syahwat dan syubhatnya, sehingga akan tergelincir, dan menjadi bala tentaranya (Allahul Musta’an)

di antara fitnah syubhat dalam perkara ibadah ini, yang banyak di gelincirkan adalah, salah satu dr syariat agama Allah azza wa jalla, JIHAD.

betapa banyak sekarang ini yang menggembor-genborkan jihad, dari mulai berdemo yang banyak menimbulkan mafsadat, mengkafirkan saudara muslim, hingga bom bunuh diri yang jelas2 dilarang oleh Allah azza wa jalla,..

JIHAD bukanlah perkara remeh lagi enteng, jihad merupakan perkara penting yang memiliki peranan besar dalam islam. perkara ini menyangkut keberlangsungan dakwah islam, maupun eksistensi kaum muslimin.

OLEH KARENA ITU, WAJIB PERKARA YANG SATU INI – SEBAGAIMANA PULA IBADAH YANG LAINNYA- DIBANGUN DI ATAS ILMU YANG BENAR SERTA SIKAP ADIL TERHADAP KEBENARAN, YAKNI DILAKSANAKAN KARENA ALLAH AZZA WA JALLA DIATAS SUNNAH SUNNAH RASULULLAH MUHAMMAD BIN ABDILLAH SHALLALLAHU ALIHI WASALLAM DENGAN PEMAHAMAN SALAFUL UMMAH. BERSIKAP TENGAH (‘adil), SESUAI TIMBANGAN SYARIAT, TIDAK BERLEBIHAN (ghuluw), ATAUPUN MEREMEHKAN (tafrith). INILAH SIKAP AHLUSSUNNAH.

tidak hanya bermodalkan semangat! hanya bermodalkan emosi, tanpa ilmu, ditambah tersebarnya opini, fatwa2 serampangan, tulisan2, media massa serta jauhnya ummat dari para ulama rabbani, alhasil, yang akan terjadi adalah sebuah fitnah! kerusakan, kemadharatan dan terbunuhnya jiwa kaum muslimin sendiri, allhul musta’an.

ketika melihat sebuah tayangan tentg keterpurukan ummat, penindasan, penganiayaan oleh bangsa2 kafir.. semua ini terekam oleh jiwajiwa yang bersemangat juang tinggi dan peka, maka tentunya akan ingin tergesa mengambil tindakan untuk mengambil hasil lebih cepat, dengan solusi hebat guna mengangkat ketertindasan, meraih kemuliaan, minimal dendam terbalaskan (menurutnya)! allahul musta’aan.

teringat puisi seseorang:

Tangismu wahai bayi-bayi tanpa kepala… dibentur di tembok-tembok Palestina…

Jeritmu wahai bayi-bayi Afghanistan …

yang memanggil-manggilku tanpa lengan… dieksekusi bom-bom jahannam… milik setan Amerika dan Sekutu…

saat ayah bundamu menjalani Ramadhan! Ini aku, saudaramu… ini aku, datang dengan secuil bombing… kan kubalaskan sakit hatimu… kan kubalaskan darah-darahmu… darah dengan darah… nyawa dengan nyawa!… qishash!

BUKAN MUSTAHIL, jika para pemuda terpanaseraya berkata: WOOOW KEREEEEN!!!! PAHLAWAN SEJATI!!

saudaraku fillah,..

semangat dan perasaan memang dapat menggiring seseorang -sekalipun ahli ibadah- kepada amal perbuatan yang salah.

kurangnya ilmu atau KEKELIRUAN MEMAHAMI ILMU YANG SHAHIH, serta jauh dr bimbingan ulama rabbani, ditambah dengan rasa percaya diri yang tinggi dan seruan ahlul bathilkesemuanya dapat melahirkan pelampiasan dengan cara yang gegabah! boombing serampangan yang tidak pada tempatnya, tetapi justru menyebabkan muslim lainnya menjadi tidak berlengan akibat bom nya,. di samping juga dr pihak2 korban yang terlindungi oleh syariat.

bisa2 dikatakan:

“melihat kondisi semacam ini, dimana jutaan darah kaum muslimin tumpah ruah, kehormatan mereka dicabik cabik oleh tentara amerika dan sekutunya, pantaskah kaum muslimin lainnya berpangku tangan???”

TIDAK PANTAS DEMI ALLAH!, tapi kemudian jika meledakkan bom di sembarang tempat, itu jauh lebih tidak pantas! karena bukannya kemashlahatan ummat yang di dapat, justru kemadharatan yang lebih besar yang terjadi.

miris pula ketika melihat realita di negara kita sekarang ini,..

betapa banyak orang yang sangt minim ilmu agama, tetapi mudah sekali menjatuhkan vonis kafir!!! hanya berdasarkan ilmu dr buku atau internet, atau penafsiran mereka,.. dan tidak sedikit yang hobby mencemooh pemerintah serta instansinya, akan tetapi di sisi lain, istri dan anak-anaknya ‘hidup’ sehari-hari di situ. kenapa tidak menjadi seorang hamba yang dapat berterima kasih??? lihaaat, betapa ia dapat beribadah dengan bebas di negeri indonesia, lihat, betapa jalan2 tertib dengan adanya rambu-rambu sehingga perjalanan kita aman (biidznillah).. lihat betapa kita mudah mendapatkan kebutuhan perlengkapan kita sehari-hari???

miris pula jika kita melihat tulisan2 di stiker, di kaos bahkan buku-buku serta majalah mereka yang banyak berisi gambar bernyawa!!! serta seruan2 emosional ,.. yang penting seru, heroik, nge-fight! (mungkiin ini dlm benak mereka)

saudaraku fillah,..

syaikh sholih fauzan bin fauzan hafidzahullah:

“jihad akan terus ada hingga hari kiamat, akan tetapi harus berjalan sesuai dengan aturan aturan syari’at serta batasan batasan yang terjaga, sehingga menjadi jihad yang benar dan tidak ada kekacauan di dalamnya.

maka apabila jihad dilakukan sesuai dengan cara-cara yang di syariatkan, niscaya akan memperoleh hasil yang baik. sebagaimana yang telah diraih oleh generasi awal ummat ini.”

(muhadharah syaikh di al jami’ al akbir riyadh)

syikhuna abdulmuhseen al abbad al badr hafidzahullah:

“bertaqwalah kalian kepada Allah jalla jalaluhu atas diri-diri kalin wahai para pemuda, janganlah kalian (rela) menjadi mangsa syaithan sehingga kalian mendapatkan kerugian dan di adzab di akherat kelak..

takutlah kalian kepada Allah azza wajalla tentg urusan darah-darah yang terjaga serta harta-harta yang dihargai.

bangunlah dari tidur kalian, dan sadarlah, jangan lah kalian menjadi tunggangan syaithan untuk membuat kerusakan di muka bumi.”

kita memohon kepada Allah azza wajalla agar meninggikan kalimat-NYA serta menghinakan musuh-musuh-Nya.

semoga shalawat serta salam tercurah atas nabikita Muhammad shallallahu alaihi wasallam, beserta keluarga, para shahabat-shahabatnya, serta orang-orang yang senantiasa mengikuti beliau hingga akhir zaman.

jazaakallahu khairal jazaa akhuna higa.

abu abbdilmuhseen // 04 syawal 1433 H // 10.15 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: